What did i do in 2016

23.36.00




Hai. Assalamualaikum....


2016 sudah lama berlalu, namun sejarahnya masih terasa. Karena bagi saya, 2016 adalah tahun terbaik yang tidak bisa dilupakan. Ada banyak cerita disetiap lembaran harinya, kenangan tersebut tersimpan di dalam memori saya.

Memori jika kita kembali ke definisi menurut sudut pandang psikologi (ilmu yang saya pelajari saat ini) adalah fungsi dari kognisi yang melibatkan otak dalam pengambilan informasi. Pada umunya, ingatan sebagai hubungan antara pengalaman sekarang dengan masa lampau. Apa yang kita ingat, apa yang dialami, apa yang dipersepsi semuanya tersimpan dalam otak kita. Biasanya, kejadian yang paling berkesan, paling menyenangkan, paling menyedihkan adalah hal yang paling kita ingat tanpa perlu kita gunakan cara untuk mengingatnya kembali..

Begitulah yang saya alami selama tahun 2016 ini...
Baik, jika saya memulai dari bulan Januari 2016
Sebelumnya saya ingin minta maaf jika kurang berkenan, postingan ini hanya sebagai luapan kisah penulis^^

1. Januari 2016

Bulan ini adalah bulan pembuka di awal 2016, dimana status saya pada waktu itu adalah siswa SMA kelas 12. Seperti siswa kelas 12 pada umumnya,kesibukan saya mulai terfokuskan kepada jurusan apa yang akan dipilih nanti, universitas mana yang akan sayatuju, dan lolos atau tidaknya saja dalam ujian masuk perguruan tinggi.
Ke-hectican dimulai dari masuk sekolah, pada waktu awal masuk semester 2, kelas 12 di SMAN 1 Sampang sudah diperkenalkan dengan tryout berjadwal. Polanya, seminggu tryout kemudian seminggu lagi bimbingan belajar, minggu berikutnya tryout lagi dan terus berulang hingga Ujian Nasional. Di SMA saya seorang siswa kelas IPS. Entah pada bulan ini saya begitu berambisi untuk dapat menguasai konsep-konsep pelajaran. Sehingga saya mulai rajin untuk kursus disalah satu bimbingan belajar wkwkwk. Sebenarnya kalo mengingat sekarang rasanya menyesal dengan keambisan itu............................ #yaudahlahya.

Lalu, di pertengan bulan ini mulai beredar info-info SNMPTN, murid kelas 12 pun berbondong-bondong ke BK untuk berkonsultasi jurusan kuliah. Kalau kurang puas biasanya mereka berkonsultasi dengan guru-guru di bimbingan belajar masing-masing. Tak heran, banyak yang cekcok masalah jurusan, dari takut ditikung dengan temannya yang nilainya lebih tiggi, dari ketidakpedean dengan jurusan yang diambil sampai harus bergonta-ganti,dll. Lalu, biasanya di bulan ini kakak-kakak alumni di perguruan tinggi datang untuk mensosialisasikan perguruan tingginya, kalau di angkatan saya seinget saya ada ITB, UNAIR, UPN, UNESA, UTM, UB, UMM, POLINEMA, PENS, PPNS, PERBANAS. Organisasi mahasiswa daerah waktu itu juga menawarkan sebuah Try Out SBMPTN, ditujukan untuk melatih kemampuan siswa SMA dalam menghadapi soal-soal SBMPTN. Ormada itu adalah FORMARA, dan saya mengikuti tryout itu bersama dengan teman yang lain hhh.
Selain itu juga, paguyuban guru BK se-Sampang mengadakan Campus Expo yang diadakan di GOR Taman Wijaya Sampang, ya memfasilitasi anak-anak kelas 12 yang ingin kuliah karena disana tidak hanya ada PTN namun berbagai PTS juga ada.
Namun, pada waktu adanya campus expo itu, berita duka menyelimuti kami angkatan 2016 SMAN 1 Sampang. Teman kita Wahyu Hidayat meninggal dunia setelah 2 minggu lamanya berada di kondisi kritis di Rumah Sakit karena kondisinya yang parah akibat kecelakaan. Hari itu, pada Januari akhir (karena saya lupa tanggalnya) kami semua berbondong-bondong ke rumah almarhum untuk menjemput dia yang terakhir kalinya dan mengantarnya ke rumah dia yang terakhir.

Kehidupan harus terus dijalani, duka pun bersilih berganti menjadi suka. Anak kelas 12 SMAN 1 Sampang terus menjalani aktivitas biasanya. Belajar bagi mereka yang rajin, bermain dengan teman-teman bagi mereka yang ingin menghabiskan waktu putih abu-abu di SMA. Begitupun saya, aktivitas belajar dan bermain tetap beriringan tak jarang hingga bimbingan belajar pun saya hadiri. 

2. Februari 2016

Bulan kedua di 2016 ini pun masih disibukkan dengan pemilihan jurusan, karena pendaftaran SNMPTN akan segera dibuka di bulan ini, tak hanya itu kesibukan mulai menambah, ujian demi ujian pun diadakan di bulan ini, mulai dari tryout sekolah hingga tryout kabupaten pertama diakan di bulan ini. Selain itu, diadakan juga ujian praktek. So far, bulan ini bagi saya hanya bisa belajar dan bermain karena kesibukan sudah terasa. Pertengahan Februari ini, saya mulai mendaftar SNMPTN dengan jurusan yang berbeda dengan sekarang wkwk. Ini hasil screenshotnya. Meskipun jurusan ini jauh berbeda dengan yang sekarang, jurusan ini dulu adalahjurusan yang paling diridhoi oleh orang tua saya. Selain itu, tak jarang guru BK dan guru matpel juga menyarakan jurusan ini. Maka langkah saya selanjutnya hanya pasrah berdoa dengan SNMPTN dan mulai belajar soal-soal sbmptn.
Nah, selain itu juga ada kabar gembira! saya mendapat juara 4 di Tryout sbmptn kemarin, nggak disangka sih karena saya tidak belajar pada waktu malam harinya.......


3. Maret 2016

Lanjut pada bulan ketiga, pada bulan ini masih sama seperti sebelumnya. Ujian demi ujian, tryout demi tryout diadakan. Tryout ini berbasis UN kalau di GO tempat bimbingan belajar saya. Agak lupa sih kegiatan apa saja selama bulan Maret. Kalau tidak salah pada bulan Maret ini ada seminar gitu tapi saya lupa hehe. Maret ini, waktu yang sangat pas untuk berspending time dengan teman dan keluarga selain persiapan UN yang kurang sebulan lagi. Ada kabar dan desas-desus bahwa UN mempengaruhi kriteria SNMPTN. Teman-teman berbondong-bondong mulai mencari alternatif jawaban. wk-wk-wk. Ohiya selain itu UJIAN SEKOLAH juga diadakan pada bulan Maret ini.


4. April 2016

Bulan keempat di tahun 2016 ini merupakan bulan yang ditunggu-tunggu. Sebenarnya bukan ditunggu-tunggu, karena UN akan segera datang dan kami menginginkannya cepat selesai....
Sebelum itu diadakan doa bersama untuk Ujian Nasional semacam istiqharah agar kami lancar mengerjakan soal-soal ujian. Ujian nasional berlangsung selama tiga hari. Dan alhamdulillah saya bisa melewatinya. Sehabis UN, kami para angkatan 2016 melakukan foto bersama di lapangan untuk video angkatan yang akan ditunjukkan nanti pada acara wisuda. 
Hari ketiga UN merupakan hari yang sangat bersejarah bagi saya, karena hari itu kami merasakan suka dan duka dalam kebersamaan. Mengingat semua kebersamaan selama tiga tahun di masa putih abu-abu ini akan segera berakhir. Semua kelas satu angkatan diluar kelas mereka, menantikan giliran syuting oleh seorang kameramen. Kami semua diarak menuju lapangan. Konseptor mulai mengarahkan posisi untuk masing-masing kelas. Chaedar teman kami yang memfotokan dari atas. Hasilnya seperti ini....
Ya kurang lebih selama 2 jam kami melakukan ini. Terlihat siswa yang lain berfoto mengabadikan moment mereka dalam bentuk digital.
Rasa sedih, haru, senang menjadi satu. Karena setelah UN ini, kita libur sambari menunggu pengumuman SNMPTN tanggal 9 Mei 2016.

5. Mei 2016

YAPPP!!!!!!!!!!!!!!!  Bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh siswa kelas 12 SMA. Bulan ini pengumuman SNMPTN dan SBMPTN diadakan. Tepat tanggal 9 MEI 2016, SNMPTN diumumkan serentak se-Indonesia. Begitupun saya dan teman-teman sudah tak sabar menantikan kabar bahagia. Harapan-harapan semoga diterima di kampus impian pun kami penuhi di grup chat whatsapp. Ketika saat itu telah tiba, tepat pukul 13.00 ketika kakak saya memasukkan nomor peserta dan tanggal lahir, tiba-tiba dia berwajah murung, dia mengatakan bahwa saya tidak diterima di SNMPTN. Sontak saya kaget hehe dan tiba-tiba langsung menangis. Teman-teman lain saya di grup banyak yang diterima dan macam-macam, ada yang di IPB, ITS, UNAIR, UPN dll. Kesedihan saya hanya bertahan satu hari, setelah itu saya mendapat motivasi dari orang tua agar tetap semangat dan mengikuti ujian SBMPTN tanggal 31 Mei 2016 nanti. Meskipun banyak yang kaget saya tidak diterima, bagiku itu tidak masalah. Allah mengingankanku untuk lebih berjuang di SBMPTN. Untungnya, dari beberapa bulan yang lalu saya sudah menyiapkan SBMPTN sedemikian mungkin. Selama sisa hariyang ada saya memanfaatkan kesempatan itu untuk belajar segiat mungkin agar diterima di SBM kali ini, karena saya tidakmau merepotkan orang tua lagi jika harus dibebani untuk membayar biaya uang pangkal untuk jalur mandiri nanti. Proses pemilihan jurusan pun berbeda kali ini. Setelah konsul dengan guru GO dan melihat hasil tryout yang saya lakukan, saya memilih Psikologi UNAIR sebagai pilihan pertama, Administrasi Bisnis UB sebagai pilihan kedua, dan Antroplogi UNAIR sebagai pilihan ketiga. Sebenarnya minat saya hanya pilihan pertama, 2 pilihan terakhir hanya berjaga-jaga saja. Ketika test SBM saya ditempatkan di UIN Sunan Ampel. Hanya bisa berdoa dan pasrah, dan hari itu saya diantar oleh kedua orang tua saya...
Ketika mengerjakan soal SBMPTN lhaaa saya kaget sama soal TKPAnya. SUMPAAH BERUBAH BANGET DARI TAHUN-TAHUN SEBELUMNYA!! #HEEMAAFEMOSI. Kaget dan pasrah ketika mengerjakan. Berjalan sesuai dengan logika dan kemampuan saja. Sungguh diluar dugaan dengan tipe soal yang saya dapatkan. Sehabis TKPA kemudian terdapat istirahat untuk sholat dhuhur dan makan siang. Selesai tes, ada anak yang duduk di depan saya langsung sedih dan riweh lantaran juga kaget tipe soal TKPA saat itu berubah. Lanjut ke TKD, nah disini alhamdulillah saya lancar dan dapat mengerjakan soal dengan full untuk tiap matkul. Hanya yang benar-benar tidak tahu saya kosongi agar tidak menimbulkan nilai minus. Sekitar pukul 2 siang, SBMPTN pun selesai. Saya disambut oleh kedua orang tua dan menanyakan bagaimana dengan ujiannya... yaaa gimana yaah buk, wes pasrah ae.

6. JUNI 2016

INI BULAN LEBIH DEGDEGAN DRPD MEI -_- Digantung sebulan lagi buat nunggu pengumuman SBMPTN dan saat itu bulan puasa. Benar-benar melatih kesabaran....
Selama bulan ini saya hanya mengikuti UM Undip dan tetap mendaftar jurusan Psikologi #TetapPsikologi. Yaakegiatan lainnya puasa, sholat, beres-beres rumah, dan gasabar menantikan hasil SBM. Saya yaa entah malas buat membuka buku lagi. Padahal saya belum tau apakah lolos atau tidak SBM, yaa mau gamau kan kudu nyoba test mandiri. Tapi yaa kalo bisa jangan sampe mandiri. MUAHAL uang pangkal :") 50JT di UNAIR. ANCEEN
Nah kalo pas pengumuman SNM bener-bener saya tunggu, dari pagi mantengin hapee. Beda kek SNM, kalau SBM sudah pasrah banget. Pagi-pagi waktu itu saya ikut ibuk ke pasar dan ke rumah mbah. Balik ke rumah trus tidur sampe jam 2 lewat. Padahal pengumuman SBM pas jam 1 siang. Dibangunin ibuk karena belum sholat dan segera buru-buru melihat pengumuman. 
Naaah, saya ya gaberani. Masih  nunggu ayah dan kakaksaya yang ada di jalan. Sehabis mereka datang, saya ke kamar sendiri, ngambil hape ayah dan pelan-pelan memasukkan nomor peserta beserta tanggal lahir. Saya sempat menutup layarnya sebentar dan membukanya.TADAAAAA!!! disitu terdapat bacaan "SELAMAT ANDA DITERIMA DI JALUR SBMPTN 2016 DENGAN JURUSAN PSIKOLOGI - UNIVERSITAS AIRLANGGA" AAAA langsung sekeluarga bersyukurrr dan haru sekaleeee. Alhamdulilah saya bersyukur, karena saya akhirnya tidak perlu bersusah-susah lagi untuk belajar buat test mandiri hehe

7. JULI 2016

Nah kalau  bulan ini, mulai disibukkan dengan persyaratan daftar ulang maba dan lebaran. Alhamdulillah lebaran nanti, saya dpt menjawab pertanyaan "Kuliah dimana??" WKWKWK. Selain itu saya dibulan ini lebih banyak bermain dengan teman dan keluarga, karena untuk bebrapa bulan dan tahun kedepan akan susah ketemunya.....
Di bulan ini juga saya hadir welpart formara unair. Yaa sebagai orang madura, saya disambut baik untuk masuk ke ormada mereka.

8. AGUSTUS 2016

Di bulan ini, saya bersiap-siap untuk persiapan pengukuhan mahasiswa baru Universitas Airlangga tanggal 18 Agustus,beserta pembukaan AMERTA. Ya sebagai maba saya sempat merasakan syndrome maba sih waktu itu haha..... sebelum itu ada welpart formara di SC jadi, pas pindahan kos tanggal 15 Agustus gituuw. Nah sehabis itu, acara selanjutnya masih banyak. Habis amerta ada PPKMB UNIV dan Fakultas. Pengennya cerita itu tak bedain di postingan baru. Dari kenapa alasan saya milih psikologi, UNAIR, dan apa aja kegiatan selama jadi maba....
tapi untuk bulan Agustus ini, saya ingin bercerita sedikit dari susah payahnya jadi maba waktu itu karena saya tidak dipebolehkan membawa sepeda motor jadi kemana-mana harus gojek. Paling males kalau harus bolak-balik kampus B - kampus C. Kalau naik bus mesti desak-desakan...... hm. Selain itu pas Agustus ini, ssaya dapat mulai berkenalan dengan anak-anak Psikologi lainnya.
Waktu ppkmb Univ, saya berada di Fakultas sendiri jadi tak terlalu jauh untuk berjalan.
Habis ppkmb univ, ada ppkmb fakultas. PPKMB Fakultas lebih seru sih, ada tiga hari. Tapi bener-bener berkesan, disitu lebih intens ketemu dengan temen-temen baru. Di bulan Agustus ini juga dikenalkan dengan fastor dan tahap pengkaderan selanjutnya. Kalau di psikologi UNAIR namanya Student day dan Psycho camp.

9. SEPTEMBER 2016

di bulan ini masih tahap adaptasi saya dengan teman-teman baru, suasana belajar di masa perkuliahan, dan hectic dengan tugas-tugas baik itu tugas pengkaderan maupun tugas kuliah. Entah mengapa rasanya senaaaang sekali bisa menjadi bagian KM Psikologi UNAIR. Kesukaan saya dengan beberapa mata kuliah dan suasana belajar yang menyenangkan membuat saya betah berada di sini. Meskipun untuk biaya hidup yaaa agak mahal deh.

10. OKTOBER 2016
Nah di bulan ini bener-bener yang ditunggu-tunggy. YAAAA.... Selain saya ulang tahun di bulan ini juga diadakan pengkaderan selanjutnya yaitu Psychocamp. Angkatan saya namanya PALAPSYCHE, nah Palapsyche ini mendapatkan tempat camp di Pacet Mojokerto. Dan yaaa saya inget banget. Psychocamp diadakan 6-9 Oktober 2016. Dan 7 Oktober waktu ulang tahun saya, tepat pada hari pertama di Pacet. Yang bahagia adalah saat diucapkan oleh semua teman-teman hehe. Waktu itu lagi sesi makan pagi dan tiba-tiba teman-teman bersorak "Selamat ulang tahun Hafni!!" yeyyy. Sehabis dari psychocamp, bulan ini pun juga diadakan UTS perdana saya di waktu kuliah. Ujian untuk Psikologi berbasis online, jadi nilai langsung keluar saat itu juga ketika kita mensubmit jawaban. JENG JENG JENG... agak shock dengan hasil yang didapatkan. Dan yaa mencoba legowooo..... hidup dan perjalanan masih panjang bruh. Masih banyak materi-materi psikologi yang bisa saya pelajari lebih dalam. Pemanis di bulan ini adalah, saya mendapat kejutan ulang tahun dari teman-teman sekelompok saya yaitu dewey!! 


11. November 2016

November adalah bulan-bulan kerajinan saya... ya karena angkatan saya dibebani oleh tugas pengkaderan selanjutnya yaitu LKMMTD dan acara angkatan yaitu Pengabdian Masyarakat atau yang bisa disingkat (Pengmas) dan Malam Keakraban (Makrab). Saya cerita kedua acara tersebut di postingan saya selanjutnyayayayaya :3. Intinya di bulan ini saya mengejar deadline tugas akhir menjelang UAS wakakaka.

12. Desember 2016

December is end of the year. All those memories since i was high school till i became an university student was totally unexpectedly.
Akhir bulan ini, dihiasi dengan tugas-tugas akhir yang mendekati deadline, ospek, pengmas, makrab, muktamar, dll............................
dan.............
U
A
S
Yaa...........................
Liburan dan minggu tenang dihiasi dengan mengerjakan tugas-tugas. Tapi, saya tak henti-hentinya bersyukur dengan apa yang udah dilakukan selama 2016. 2016 benar-benar tahun terbaik!!!!<3
























You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images