Rekomendasi Beberapa Website Terbaik di Media Sosial

04.30.00


Wihiiiii !! Ingat gak kalian ada apa di tanggal 10 Juni kemarin? Bagi teman-teman yang sering menggunakan handphone beserta internetnya mungkin tidak asing dengan ucapan-ucapan selamat di sosial media kalian. Di twitter pada tanggal 10 Juni kemarin tagar #HariMediaSosial sempat menduduki  trending topics. Yaaaap, benar sekali tanggal 10 Juni kemarin diperingati sebagai Hari Media Sosial Nasional.

Nah, dari sejarahnya hari media sosial ini pertama kali dicetuskan pada tahun 2015 oleh salah satu pengusaha di Indonesia bernama Handi Irawan D. Beliau sendiri adalah pengusaha sebagai pakar pemasaran melalui Frontier Consulting Group di Solo, Jawa Tengah. Beliau juga dikenal sebagai content and knowledge based speaker terbaik di Indonesia. Wew, bapak siapa ini hihihi :D

Selanjutnya, Hari Media Sosial ini dibuat bertujuan agar mengingatkan kepada kita sebagai rakyat Indonesia untuk meningkatkan kesadaran dan beretika dalam menggunakan media sosial sehingga media sosial dapat berdampak positif serta mengurangi dampak negatifnya. Dampak positif tersebut dapat dibagikan kepada individu itu sendiri, teman, keluarga, bahkan kepada perusahan sendiri dalam menyokong citra baik perusahaan. Peran media sosial pun beragam dari gaya hidup, edukasi, komunikasi, bahkan penyokong kegiatan usaha. Masih ingat kalian dengan ide 'start up digital Indonesia' ? nah itu salah satu contoh dari kegiatan usaha yang merupakan dampak positif dari media sosial. Karena sejatinya dalam era millennial kali ini, semua masyarakat dari segala penjuru usia sudah mahir menggunakan media sosial untuk kebutuhan hidup mereka.

Mengingat kejadian-kejadian di Indonesia beberapa tahun terakhir, banyak aksi propaganda dan penyebaran kebencian yang dilakukan di media sosial. Oleh karena itu setiap tanggal 10 Juni orang-orang ramai menggunakan tagar ini demi menyebarkan positive vibes kepada khalayak umum mengenai pentingnya dampak positif media sosial.

Today i'm very excited when i'm writing this post. Kalau dari judulnya 'Rekomendasi website dan akun-akun media sosial' dan yaa tentu saja disini saya akan membagikan beberapa website dan akun yang suka saya buka dan baca. Mengingat banyak sekali akun-akun media sosial yang bermanfaat untuk digunakan dan digali informasinya membuat saya ingin membagikannya kepada kalian. Sayang sekali jika dengan kecanggihan handphone, internet yang oke, eh malah sukanya buka akun-akun gak jelas dan website-website yang negatif. Kan sayang kuota gak tuh!

Oke, biar gak lama-lamaaa. Ini ada beberapa list website kesukaanku hehe:

1. Good News From Indonesia
Good News From Indonesia atau bisa disingkat GNFI adalah THE MOST MOSTTTT MY FAVORITEE WEBSITEEEE. Website ini menampilkan berita-berita terkini dari Indonesia. Daripada kalian ngepoin orang mendingan ngepoin apasih yang ada di Indonesia saat ini, kabar apasih yang lagi di trending di Indonesia saat ini. Pasti deh wawasan kalian makin tambah.
http://goodnewsfromindonesia.id


Bisa dilihat hasil screenshot saya, setiap harinya bisa ada berita-berita ter-up-to-date. Berita yang disampain gak hanya pemenang-pemenang yang mengharumkan Indonesia (contohnya), namun juga menyuguhkan berita tentang keindahan alam yang ada di Indonesia, wisata kuliner, budaya, kerajinan dan seni daerah dll. Dan yang paling saya suka dari website ini adalah, mereka juga menyuguhkan infografis yang dapat kalian liat baik di websitenya maupun di instagramnya. Eitss, jangan lupa mereka juga punya akun Youtube! bisa kepoin video menarik dari mereka.

2. ZETIZEN
Nahh ini website bagus buat anak mudaaaaa. Buat kita-kita ini generasi millennial-post millennial seperti kita saat ini. Kalau di media cetak, zetizen dapat kita jumpai di laman koran Jawa Pos. Bagi kalian yang sukanya bawa smartphone kemana-mana, website ini cocok. Di website ini kalian akan disajikan berbagai informasi terkini dari berbagai kategori seperti entertaiment, daily tips, science, bahkan berbagai event tertentu. Bisa dilihat hasil screenshot dibawah. Selain itu kalian bisa bergabung bersama zetizen menjadi member. Kalau kalian menjadi member kalian bisa ikutan memposting idea, add comment, find a passion, dll. Nah kadang di berbagai waktu, zetizen mencari kalian-kalian yang pengen magang, ada berbagai macam pekerjaan yang ditawarkan seperti jurnalis, photographer, graphic design, editor dll. Selain itu, di zetizen ini sering mengadakan event yang hadiahnya juga gak tanggung-tanggung. Kalau kalian penasaran bisa kunjungi websitenya di http://zetizen.com


   

3. SELASAR
Selasar ini menurut saya adalah salah satu start up digital yang masih dibilang cukup baru namun menarik untuk digunakan. Kalian bisa mempublikasikan, membagi artikel kalian disini. Kalian juga bisa baca ide-ide dan gagasan dari orang luar. Saling bertukar pikiran dll. Pertama kali saya tahu selasar.com ini dari oa line. Saya masih belum tahu pasti mengenai selasar, saya menggunakan selasar yaa buat selingan membaca di waktu luang. Ohiyaaa, buat selasar ini kalian bisa dapetin aplikasinya di playstore maupun appstore!
http://selasar.com










4. KUMPARAN
Nah kalau kumparan ini, informasinya lebih bersifat entertaiment. Umum begitu kayak brightside,idn news, tribunnews, kompas.com dll. Banyak informasi yang di dapat dari kumparan ini, dari daily tips, life hacks, informasi sehari-hari. Biasa saja menurut sayaa, yaa gapapa buat tambah-tambah informasi apa yang lagi hits saat ini.



5. MEDIUM
Medium ini kalau bisa saya menyebutnya sebagai selasar versi bahasa inggris. Yang menggunakan medium ini lebih luasss yaaa. (yaiyalah) kalian bisa memposting cerita, ide, opini, gagasan disini. Banyak penulis-penulis terkenal yang juga menggunakan medium. Saya sukaa membaca ini buat ngelatih bacaan bahasa inggris hehe.










6. TIRTO I
Tirto Id adalah salah satu media news paling okeeee dan sportif. Tirt id ini hampir sama seperti media berita lainnya seperti MetroTV news, tribunnews, kompas.com dll. Menurut opini saya yaa, berita-berita yang ditampilkan di tirto id selalu teruptodate dan bahkan diselingi infografis yang menarik. Entah mengapa saya sangat suka dengan media sosial yang menggunakan infografis dalam penyajian informasi. Selain design yang digunakan sangat simpel, berita yang disajikan dalam infografisnya jelas, padat, dan singkat. Sehingga para pembaca dapat dengan mudah memahami isi beritanya. Berita yang disajikan bermacam-macam. Kalian bisa membuka websitenya sendiri. Atau biar selalu update follow saja twitter tirto.id !







7. BUZZFEED, BRIGHT SIDE, IDN TIMES
Ini aplikasi buatan luar negeri, kalian bisa download aplikasinya di appstore maupun playstore. Secara garis besar buzzfeed menyajikan berita yang paling terbaru dan fenomenal. Selain itu di aplikasinya menyuguhkan videos dan juga beberapa quizzes. Saya suka menggunakan quiz-nya. Quiz-nya bermacam-macam dan hasilnya juga bisa dipercaya/tidak wkwk. Just for having fun guys!

Selanjutnya ada BRIGHT SIDE. Kalau website ini bisa menyuguhkan kalian dengan daily tips tentang kesehatan dan olahraga yang menarikk. Kalian habis baca dan lihat videonya dijamin langsung pengen ngepraktekkin.

Terakhir ada IDN TIMES, ini saya sih kayak NEW YORK TIMES, TRIBUNNEWS, TIRTO ID. Cuma beritanya lebih mengglobal dan objektif^^






8. TED!
TED ini adalah media presentasi terhebat. Kumpulan orang-orang yang melakukan riset dan kemudain mempublikasikannya. TED tersebut merupakan kepanjangan dari Technology, Entertaiment, and Design. TED adalah sebuah organisasi non profit yang mengumpulkan para tokoh inspiratif dari berbagai bidang untuk tampil memberikan presentasi dalam sebuah konferensi. Motto mereka adalah “Ideas worth spreading”. Seperti namanya, maka presentasi yang tampil di TED sangat menarik karena disampaikan oleh tokoh yang kompeten di bidangnya. Meskipun awalnya fokus pada tiga bidang yakni Technology, Entertainment dan Design, namun sekarang Anda juga bisa menyaksikan ide-ide brilian dari tokoh pada bidang yang berbeda seperti Politik, Pendidikan dan Kesehatan. Kalian bisa mengunjungi websitenya di ted.com atau bisa download aplikasinya di appstore/playstore. Yakin deh wawasan kalian akan bertambah!:)





9. PSYCHOLOGY TODAY
ini saya dedikasikan untuk kalian yang berminat mempelajari ilmu psikologi, disini banyak artikel artikel tentang dunia psikologi yang disuguhkan kepada para pembaca. Bahasanya sangat mudah dicerna meskipun dengan bahasa inggris. Dan pastinya website ini boleh digunakan sebagai bahan referensi untuk pembuatan makalah hihi.

 http://www.psychologytoday.com
10. SIMPLY PSYCHOLOGY
Website ini kurang lebih sama dengan psychology today. Semacam memberikan pengetahuan tentang dunia psikologi. Banyak artikel yang disajikan, namun tidak sebanyak di psychology today.

http://simplypsychology.org

Yak, mungkin sekian rekomendasi website-website yang mungkin dapat menambah pengetahuan kalian. Kalian mungkin ada webiste lain yang bisa menambah ilmu pengetahuan bisa komentar di bawah hehe. Selamat membaca dan membantu menyebarkan informasi positif di media sosial!

Once again, Selamat Hari Sosial Media Indonesia!


Sampang, 29 Juni 2017
Hafni Iva Nuryana



You Might Also Like

6 komentar

  1. Terimakasih informasinyaaa. btw bisa ke linimasa.com deh, disitu juga banyak informasi-informasi menarikkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa! sudah pernah dengar linimasa, baru dr twitter grgr ngestalk kmrn. Tapi baru tau ternyata ada websitenya jugaa. Terimakasih mbak^^

      Hapus
  2. Kalau saya sih suka baca yang website 'Kumparan'
    Berita-beritanya keren abis dan ga bosen2 saya bacanya

    Oh iya saya juga mau merekomendasikan website lain yang pastinya seru juga untuk dibaca

    1. Virala.id
    2. Hipwee
    3. Coretan Hati Ukhti aka blog saya hehe :D

    Yuk blogwalking : coretanhatiukhti.blogspot.co.id

    Salam kenal ^^
    Semoga lancar terus blogging nya

    BalasHapus
  3. Waah rekomendasi yang nomor 3 boleh juga hihi. Terimakasih Tishya,salam kenal juga. Blognya bagus semoga terus menginspirasi yaaaa!^^

    BalasHapus
  4. baru nyadar ada juga simplypsychology, saya seringnya kunjungin psychologytoday.. makasih infonya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iyaaa. Ada juga yg bermanfaat https://www.psycom.net. sama-sama yaaa

      Hapus

Like us on Facebook

Flickr Images